Selasa, 26 November 2013

Perbedaan Tint dan Shade

Posted By: Jasa Desain Grafis - 14.57
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
Berbicara warna, kita akan menemukan istilah tint dan shade. Ya, warna putih dan hitam, tanpa terasa kita memasuki pembahasan  ‘Tint sertaShade’. Tint adalah unsur putih yang dimasukkan ke dalam salah satu warna di antara gugus lingkaran warna. Semakin banyak unsur putih dimasukkan ke dalam warna yang lain, maka warna yang lain tersebut semakin pucat. ‘

Kesannya melembut, seperti merah akan terlihat pink, biru terkesan menjadi biru muda.Jika direntang, maka pengaruh tint ini akan memunculkan warna analogus sejuk.Sedangkan shade adalah warna yang telah dicampur hitam. Warna-warna shade terkesan memberat, kusam, jorok dan dekil. Namun jika ditempatkan dengan tepat, hasilnya akan terlihat lain.
Tint dan shade memberikan value / intensitas yang dapat dimanfaatkan sebagai efek gelap terang pada sebuah benda. Dengan pemberian tingkatan value tertentu, maka dimensi benda dapat dimanipulasi sehingga terlihat benda tersebut seolah memiliki tonjolan (emboss) dan kedalaman (dimensi).

sumber: http://edupaint.com/warna/roda-warna/4534-mengenal-tint-dan-shade-pada-warna.html

About Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Copyright © 2016

Designed by Templatezy